Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

ODOS - Episiode 556 - 559 :💟 *Ummu Habibah binti Abu Sufyan* 💟Maimunah binti Al Harits💟

📚ONE DAY ONE SIROH

🌷MATERI 556🌷

💟 *Ummu Habibah binti Abu Sufyan*💟

Ummul mukminin berikut ini bernama asli Ramlah binti Abu Sufyan. Ia digelari Ummu Habibah sesuai dengan nama Putri pertamanya. Walau ayahnya Abu Sufyan sangat keras memusuhi Islam, Ummu Habibah adalah muslimah yang kuat sekali imannya. Bersama suaminya Abdullah bin Jahsy, Ummu Habibah hijrah ke Habasyah. Namun musibah menimpa Ummu Habibah, di tempat itu  suaminya murtad dan masuk kristen. Setelah itu dengan amat tragis Abdullah mati karena terlalu banyak meminum minuman keras.

Betapa malangnya nasib Ummu Habibah, di tempat terasing yang amat jauh itu ia harus menghidupi diri dan anaknya, tidak sedikit pun terpikir dalam hatinya untuk meminta bantuan kepada ayahnya yang memiliki harta berlimpah.Abu Sufyan mengetahui penderitaan ini.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengutus Amru bin Umayyah kepada Najasy raja Habasyah yang telah memeluk Islam. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam meminta agar Najasy mengatur pernikahan beliau dengan Ummu Habibah. Maka Najasy memanggil Ummu Habibah dan menghadiahinya dua buah gelang dan beberapa cincin perak dan gelang kaki.

Kemudian diperintahkannya Khalid bin Sa'id sepupu Ummu Habibah untuk menikahkan Ummu Habibah dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

--------------------

Najasy menyampaikan sambutan pernikahan. "Alhamdulillah Al Malikul Quddus al-Mu'minun Azizul Jabbar. Aku bersaksi tiada ilah kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya dan dialah yang kedatangannya telah diberitakan Isa Almasih dalam Injil. Selain itu aku memberitahukan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah meminta kepadaku agar aku mewakili beliau untuk meminangkan Ummu Habibah binti Abu Sufyan untuknya. Aku telah menyambut harapan beliau itu dan beliau telah mengirimkan mas kawin sebesar 400 Dinar.

Pernikahan ini juga merupakan kemenangan bagi kaum muslimin, karena Putri Panglima tertinggi Quraisy kini menjadi istri Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan Ibu Kaum Mu'minin. Setidaknya hal ini memberikan cahaya terang bagi hati Abu Sufyan yang penuh kabut untuk akhirnya menerima Islam."

 Ummu Habibah meninggal dunia pada masa pemerintahan saudara kandungnya yaitu Muawiyah bin Abu Sufyan. la meninggalkan musnad sebanyak 65 hadist. la dimakamkan berdampingan dengan para sahabat terdekatnya yaitu istri-istri Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam di pekuburan Baqi.

Selain untuk menolong, tujuan agung dibalik pernikahan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dengan Ummu Habibah adalah untuk melunakkan hati Abu Sufyan yang masih menjadi musuh dengan perlawanan paling keras. Inilah balasan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kepada Abu Sufyan. Ketika putri Abu Sufyan terlunta-lunta di negeri orang, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memuliakannya dengan mengangkatnya menjadi istri beliau.

--------------------------------

🌹MATERI 558🌹

💟Maimunah binti Al Harits💟

Ummul mukminin yang paling akhir bergabung dengan rumah tangga kenabian Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam adalah Bunda Maimunah Hilaliyah binti al-Harits. Nama aslinya adalah Birrah yang kemudian diganti Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam setelah mereka melangsungkan pernikahan. Dari segi keturunan dan kebangsawanan Maimunah adalah wanita yang paling mulia.

Ibu Maimunah, Hindun binti Zuhair, mungkin merupakan seorang mertua paling berbahagia di dunia.  Betapa tidak, menantu-menantunya adalah orang-orang besar. Selain Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam,  menantu Hindun binti Zuhair adalah Abu Bakar As Siddiq, Hamzah bin Abdul Muthalib, Abbas bin Abdul Muthalib, Ja'far bin Abdul Thalib dan Ali bin Abu Tholib.

Pernikahan Maimunah dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dilangsungkan setelah *umratul qudza*, umroh pengganti, yang dilakukan setahun setelah perjanjian Hudaybiyah dan beberapa bulan sebelum Mekah ditaklukkan kaum muslimin.

Melihat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan para sahabatnya melakukan umroh dengan perilaku yang sangat santun, hati Maimunah sangat terpesona. Ketika itu Maimunah telah menjadi janda pada usia 26 tahun. Melalui Ummu al Fazl, istri Abbas bin Abdul Muthalib, Maimunah mengajukan diri untuk dinikahi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

-------------------------------------

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menerima lamaran ini dan memberi mahar sebesar 400  dirham. Karena orang Quraisy ingin kaum muslimin segera meninggalkan Mekah setelah batas waktu 3 hari habis, perayaan pernikahan diadakan di tempat bernama Sarif.  Dengan demikian Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menanggung sekaligus kehidupan sehari-hari saudari kandung Bunda Maimunah, Salma yang merupakan janda Hamzah bin Abdul Muthalib. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga menanggung kehidupan 'Ammara, putri Hamzah yang belum menikah.

Pernikahan ini setidaknya  menguatkan keputusan Khalid bin Walid untuk akhirnya meninggalkan Mekah dan bergabung dengan kaum muslimin. Betapa tidak, Bunda Maimunah adalah bibi Khalid bin Walid.

 Bunda Maimunah masih hidup 50 tahun setelah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam wafat. Berbeda dengan Ummul Mukminin yang lain, ia minta dimakamkan di Sarif tempatnya melangsungkan pernikahan dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Bunda Aisyah pernah berkata bahwa Bunda Maimunah adalah orang yang paling bertakwa kepada Allah di antara mereka dan yang paling banyak menaruh perhatian untuk menjalin hubungan silaturahim.

📝Editor: Ustadzah Ratna

🎯MATERI 559🎯

⚔️🏆⚔️🏆⚔️🏆⚔️🏆⚔️