Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

ODOS - Episiode 524-525 : 🕋Rasulullah Membela Kehormatan Orang Lain🕋

🌴🌴🐪🌴🌴🐪🌴🌴🐪

⏰ONE DAY OEN SIROH⏰

📘MATERI 524📘


🕋Rasulullah Membela Kehormatan Orang Lain🕋

Tempat berkumpul yang paling mulia adalah majelis  menuntut ilmu dan berzikir. Di  tempat seperti inilah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sering berkumpul dengan para sahabat untuk memberikan petunjuk dan pengajaran. Dalam majelis itu beliau meluruskan kesalahan, mengingatkan yang lupa, dan memberikan segala petunjuk kebaikan. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam selalu melarang gosip, gunjingan, dan adu domba. Beliau tidak rela jika seseorang menceritakan aib orang lain.

Urban bin Malik meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sedang bersiap-siap memimpin sholat. Beliau menoleh dan memeriksa jamaahnya. Saat itulah,beliau teringat seseorang.

"Di mana Malik bin Dakhsyam?" tanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Mengetahui Malik  sudah beberapa kali tidak ikut sholat berjamaah, dengan disengaja seseorang menjawab, "Dia adalah munafik yang tidak suka kepada Allah dan RasulNya."

Rasulullah Shalallahu Wassalam menatap orang yang berkata begitu dengan pandangan menegur beliau bersabda,  "Janganlah begitu, bukankah dia telah mengatakan tiada Tuhan selain Allah dengan mengharap ridho Allah? Sesungguhnya, Allah mengharamkan masuk neraka bagi orang yang mengatakan "lailahailallah" untuk meraih keridhoan Allah."

---------------------------------

Beliau mengulangi pernyataan tersebut sampai tiga kali. Demikianlah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam melarang orang bersaksi palsu dan menggunjing. Abu Bakar meriwayatkan bahwa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersandar di tembok dan bertanya kepada para sahabatnya, "Maukah kalian kuberitakan tentang dosa yang paling besar?"

Para sahabat mengiyakan lalu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, "Yaitu menyekutukan Allah dan durhaka kepada orang tua."

Kemudian Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam duduk dan bersabda, "Ingatlah juga kesaksian palsu dan berbohong."

Beliau mengulangi kata-kata terakhir itu terus menerus sampai para sahabat berharap dalam hati agar beliau berhenti mengucapkan itu.

Bunda Aisyah pernah menceritakan tentang Bunda Sofia kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam begini dan begitu. Namun Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menasehati Bunda Aisyah agar tidak mengulangi percakapan demikian.

Tingkatan cinta kepada saudara yang paling rendah adalah berlapang dada pada yang lain. Tidak patut seorang muslim dengki kepada yang lain kecuali seperti dalam hadits Riwayat Bukhari bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, "Tidak boleh dengki kecuali dua hal, yaitu seorang yang diberi Allah Subhanahu Wa Ta'ala kekayaan dan dipergunakannya kekayaan itu untuk mempertahankan yang haq dan kepada seseorang yang diberi Allah ilmu yang dengan ilmu itu diajarkan dan diamalkannya."

✍️ Editor : Ustadzah Ratna

📓MATERI 525📓

🌧☂️🌧☂️🌧☂️🌧☂️🌧