Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba Ψ§Ω„Ω„ّΩ‡ُ yang Kaffah.

ODOS - Episiode 508 - 515 : Cara Rasulullah Memperlakukan Pembantunya

CHANNEL MUTE, [09.01.18 13:33]
🌴🌴πŸͺ🌴🌴πŸͺ🌴🌴πŸͺ

πŸ‰ONE DAY ONE SIRAHπŸ‰

🎬MATERI 508

πŸ•‹ *Cara Rasulullah SAW Memperlakukan Pembantunya*πŸ•‹

Banyak orang menganggap rendah seorang pembantu. Para pembantu sering dianggap sebagai orang berkelas rendah yang bahkan bisa diperlakukan semena-mena.  Namun bukan itu yang Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam ajarkan. Beliau mengajarkan bahwa nilai seseorang ditentukan oleh iman dan takwanya.

Dengarlah pesan beliau tentang pembantu kita,  "Mereka adalah saudara kalian.  Allah menjadikan mereka di bawah kendali kalian,  maka berikanlah mereka makanan sebagaimana yang kalian makan. Berilah mereka pakaian sebagaimana pakaian kalian.  Janganlah sekali- kali kalian menyuruh sesuatu diluar batas kemampuannya. Jika kalian menyuruh sesuatu,  bantulah pekerjaannya semampu kalian."  
Tidak hanya sampai di situ, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bahkan menyenangkan para pembantu dan mendoakannya.

 Anas bin Malik ketika kecil pernah menjadi pembantu rumah tangga di rumah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam selama 10 tahun. Suatu hari ibu Anas datang dan berkata, "Ya Rasulullah Anas ini pembantumu,  doakanlah dia."

Maka Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallampun berdoa "Ya Allah berilah dia harta dan anak yang banyak dan berkatilah atas apa yang kau berikan."

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... insyaallah

πŸ“Editor : Ustadzah Ratna

🎬MATERI 508

πŸ₯™πŸ₯™πŸ₯™πŸ₯—πŸ₯™πŸ₯—πŸ₯™πŸ₯™πŸ₯™

CHANNEL MUTE, [09.01.18 13:33]
πŸŒ΄πŸŒ΄πŸ•‹πŸŒ΄πŸŒ΄πŸ•‹πŸŒ΄πŸŒ΄

πŸ“šONE DAY ONE SIROHπŸ“š

🎬MATERI 509

πŸ•‹ *Cara Rasulullah SAW Memperlakukan Pembantunya*πŸ•‹  

Setelah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam wafat, Anas pindah ke Basrah dan berkeluarga disana. Apa yang didoakan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam benar-benar memberkahi kehidupannya. Umur Anas panjang sampai lebih dari 100 tahun. Hartanya berkah melimpah dan cucunya berjumlah ratusan.

 Walau dikenal sebagai seorang yang sangat berani, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak pernah menggunakan keberaniannya itu untuk hal-hal yang tidak pada tempatnya. Bunda Aisyah berkata, "Belum pernah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memukul seseorang dengan tangannya, apalagi perempuan dan pembantu, kecuali dalam jihad meneguhkan kalimat Allah."

 Bunda Aisyah juga menuturkan "Belum pernah aku melihat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam membalas dendam atau menagih sesuatu yang bersifat pribadi. Namun kalau sudah melihat kemungkaran dan kemaksiatan, beliau adalah orang yang paling keras. Apabila dihadapkan pada dua pilihan beliau memilih yang paling mudah di antara keduanya."

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berpesan, "Allah itu lembut dan senang kepada kelembutan dalam segala urusan."

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... insyaallah

πŸ“Editor: Ustadzah Ratna

🎬MATERI 509

πŸ“—πŸ“•πŸ“’πŸ“”πŸ“™πŸ“˜πŸ“—πŸ“•πŸ“™

CHANNEL MUTE, [09.01.18 13:34]
πŸŒ΄πŸŒ΄πŸŒ΄πŸŒ΄πŸ•‹πŸ•‹πŸŒ΄πŸŒ΄πŸŒ΄

🎁ONE DAY ONE SIROH🎁

🎬MATERI 510

πŸ•‹ *Hadiah untuk Rasulullah SAW*πŸ•‹

Salah satu tali pengikat persahabatan dan persaudaraan itu adalah hadiah. Bunda Aisyah berkata, "Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam suka menerima hadiah dari orang lain dan beliupun membalasnya dengan memberi hadiah pula.

Memberi hadiah termasuk tanda kemurahan hati dan kemuliaan diri. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat, hendaklah dia menghormati tamunya. Hak tamu sebagai hadiah adalah sehari semalam dan hak orang bertamu itu selama tiga hari, selebihnya adalah sedekah. Tamu tidak boleh melakukan sesuatu yang membuat kesal tuan rumah.

Suatu ketika ada seorang wanita datang kepada Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam membawa sebuah kain bersulam yang indah. Ia berkata, "Aku menyulamnya sendiri dengan tanganku. Pakailah  ini ya Rasulullah!"

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menerima dengan senang hati dan penuh terimakasih seakan-akan dia benar-benar sangat membutuhkannya. Ketika tamu yang baik itu pulang,  beliau memakainya sebagai sarung. Tiba-tiba datanglah seorang sahabat dan meminta, "Berikanlah sarung itu kepadaku wahai Rasulullah, Alangkah indahnya!"

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... Insyaallah

πŸ“Editor : Bunda Ratna

🎬MATERI 510

❤️πŸŽπŸ’™πŸŽ❤️πŸŽπŸ’™πŸŽ❤️

CHANNEL MUTE, [09.01.18 13:34]
πŸͺ🌴🌴πŸͺ🌴🌴πŸͺ🌴🌴

🎁ONE DAY ONE SIROH🎁

🎬MATERI 511

πŸ•‹ *Hadiah untuk Rasulullah SAW*πŸ•‹

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengangguk, "Ya."

Beliau pulang merapikan dan melipat kain itu. Setelah itu beliau kembali dan memberikannya kepada orang yang meminta. Orang itu senang bukan main. Namun beberapa sahabat mengecamnya, "Alangkah indahnya kain itu. Telah dipakai Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam dan engkau minta. Kita tahu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak akan menolak permintaanmu."

Orang yang mendapatkan itu berkata, "Demi Allah aku memintanya bukan untuk aku pakai. Kain ini akan aku jadikan sebagai kain kafanku nanti jika aku mati."

Apa yang diharapkan orang itupun terjadi. Ketika ia mati, kain bersulam indah itulah yang menjadi kain kafannya.

Kemurahan dan keteladanan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam selalu dibarengi dengan *kebersihan jiwa dan ketulusan cinta.* Tidak pernah beliau  memberi dengan muka masam atau bersungut-sungut. Jabir bin Abdullah berkata, "Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam kalau diminta oleh sesama tidak pernah menolak dan atau mengatakan tidak."

*Senyum kepada saudara muslim kita adalah sedekah.* Dalam Hadits Riwayat Bukhari, Jarir bin Abdullah berkata, "Belum pernah aku melihat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam atau Rasulullah melihatku sejak aku masuk Islam, kecuali beliau dalam keadaan tersenyum. Sampai-sampai banyak orang yang berada di dekat beliau mengira bahwa dialah yang paling akrab dengan Rasulullah SAW Allahu Alaihi Wasallam.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... Insyaallah

πŸ“Editor:  Ustadzah Ratna

🎬MATERI 511

🎁🎁🎁🎁🎁🎁🎁🎁🎁

CHANNEL MUTE, [09.01.18 13:35]
🐫🌴🌴πŸͺ🌴🌴πŸͺ🌴🌴πŸͺ

🎁ONE DAY ONE SIROH🎁

🎬MATERI 512

πŸ•‹ *Kasih Rasulullah SAW untuk Anak-anak*πŸ•‹

Sebelum  putra Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam yang bernama Ibrahim meninggal pada waktu bayi, beliau seringkali mengambil merangkul dan mencium Ibrahim. Hati beliau  yang lembut adalah hati yang penuh sayang dan pengertian. Beliau mengajarkan  bahwa hati yang keras pun bisa dilembutkan perlahan-lahan. Salah satu cara yang diajarkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam untuk melembutkan hati adalah dengan mencintai anak-anak.

 Kasih sayang Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam melimpah kepada seluruh anak tidak cuma terbatas kepada keluarganya semata. Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam selalu memberi salam jika bertemu anak-anak. Para sahabat beliau pun meneladani ini. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tahu bahwa anak-anak memang suka nakal dan manja, tetapi tidak pernah sekalipun dia memarahi membentak, atau menegur mereka.

 Bunda Aisyah menuturkan, "Sekelompok anak kecil dan bayi dibawa ke hadapan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Lalu beliau mendoakan dan menggendong anak anak kecil itu. Salah seorang anak kencing dan membasahi baju beliau. Kemudian beliau minta air dan disiramkan ke bajunya."

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bercanda dengan cucunya Hasan bin Ali sambil menjulurkan lidah sehingga kelihatan merahnya. Hasan pun tertawa.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya.....

πŸ“Editor : Ustadzah Ratna

🎬MATERI 512

πŸ€⚽️πŸ€⚽️πŸ€⚽️πŸ€⚽️πŸ€⚽️

CHANNEL MUTE, [09.01.18 13:35]
🌴🌴🌴πŸͺπŸͺ🌴🌴🌴🌴

πŸ“šONE DAY ONE SIROH

🎬MATERI 513

πŸ•‹ *Kasih Rasulullah SAW untuk Anak-anak*πŸ•‹

 Anas berkata, "Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mencandai anak kecil, Zainab Putri Ummu Salamah. Beliau berkata lucu dengan panggilan sayang, "Wahai Zuwainab, Zuwainab,  wahai Zuwainab."

Pada waktu sholatpun beliau masih memperhatikan kasih sayang terhadap anak kecil. Beliau pernah shalat sambil menggendong cucunya, Umamah putri Zainab. Saat beliau sujud Umamah didudukkan di sampingnya. Ketika berdiri Umamah digendongnya lagi.

 Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bahkan suka bermain air dengan anak-anak. Mahmud bin Rabi mengatakan, "Ketika masih berumur 5 tahun aku ingat Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam pernah memercikkan air ke mukaku dari sebuah sumur di rumahku."

 Ingatlah pesan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, "Wahai anak-anak kalau kamu minta sesuatu, mintalah kepada Allah, jika kamu minta tolong minta tolonglah kepada Allah."

 Bukanlah menyayangi anak jika seorang muslim memperlakukan anaknya dengan lembut tapi tidak mengajarkan Islam kepadanya.  Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda "Suruhlah anak-anakmu shalat pada umur 7 tahun dan pukullah mereka jika tidak melaksanakannya sampai umur 10 tahun. Perintah memukul di atas bukan untuk menyakiti anak tetapi untuk memberikan kesan kepada anak akan kesungguhan ayah dalam  menyuruhnya menjalankan ibadah dan betapa ayah akan marah kalau perintah itu dilanggar."

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... Insyaallah

πŸ“ Editor: Ustadzah Ratna

🎬MATERI 513

πŸΈπŸ“πŸΈπŸ“πŸΈπŸ“πŸΈπŸ“πŸΈ

CHANNEL MUTE, [09.01.18 13:35]
🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴

πŸ“šONE DAY ONE SIROH

🌸MATERI 514🌸

πŸ•‹ *Rasulullah SAW Membalas dengan Kebaikan*πŸ•‹

 Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sangat tidak menyukai sifat keras, kasar dan kejam.  Beliau memerintahkan kita mengajak pada kebaikan dan mencegah kemungkaran dengan jalan yang baik dan lemah lembut. Dengan berbuat baik kepada orang lain tidak mungkin orang berbuat jahat kepada kita. Kalau bisa walaupun kita disakiti, janganlah dibalas dengan tindakan serupa. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam menyuruh kita agar membalasnya dengan kebaikan. Inilah sifat hilm yang diajarkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Beliau tidak pernah membalas dendam. Beliau tidak pernah memukul kecuali saat berjihad. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak cepat marah dan memaklumi orang yang berbuat salah karena tidak tahu atau karena lupa.

 Anas meriwayatkan, "Aku berjalan bersama Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam beliau memakai sorban tebal buatan Najran yang beliau lilitkan di lehernya. Tiba-tiba ada orang desa menarik sorban tersebut dengan keras dan kasar sehingga aku melihat bekasnya dibahu beliau. 

Orang itu berkata, "Wahai Muhammad berilah aku harta Allah yang ada padamu!" Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menoleh dan tertawa kemudian menyuruh untuk memberi uang kepada orang tersebut."

 Abu Hurairah meriwayatkan bahwa suatu hari seorang Badui datang ke masjid dan kencing di dalamnya. Para sahabat yang melihatnya marah. Mereka berlompatan dan menghambur untuk memukulinya. Namun Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam cepat-cepat mencegah. Beliau bersabda, "Biarkan dia dan siramlah bekas kencingnya. Kita diutus bukan untuk memberatkan, melainkan untuk mempermudah." Sikap mudah memaafkan dan memaklumi ketidaktahuan orang inilah yang disebut rifq.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... Insyaallah

πŸ“Editor: Ustadzah Ratna

🎬MATERI 514

🌸🌷🌸🌷🌸🌷🌸🌷🌸

CHANNEL MUTE, [09.01.18 13:36]
🌴🌴🌴πŸͺπŸͺ🌴🌴🌴

πŸ“šONE DAY ONE SIROH

🌷MATERI 515🌷

πŸ•‹ *Rasulullah SAW Membalas dengan Kebaikan*πŸ•‹

Sifat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang lain adalah kesabaran. Beliau sabar menerima ejekan dan cacian. Suatu hari seseorang yang bernama Hakam bin Ash pergi mencari Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam. Ia berhasil menemukan beliau yang ketika itu sedang berjalan sendirian. Maka diikutinya langkah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam itu dari belakang kemanapun beliau pergi dengan mengejek dan menghina.  Hakam bin Ash mengembang kempotkan mulutnya dan mencungir cungirkan hidungnya.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menoleh ke belakang. Marahkah beliau? Tidak. Beliau bahkan berkali-kali menasehati Hakam untuk menghentikan perbuatannya. Namun Hakam bahkan semakin menjadi-jadi sampai akhirnya Allah mengubah hidung dan mulutnya menjadi seperti itu.

Seorang sahabat berniat ingin meminta tolong kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam karena ia sangat miskin. Namun di tengah jalan ia teringat sebuah pesan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sehingga tidak jadi meminta pertolongan. Kejadian demikian terjadi 3 kali, akhirnya ia mencari kayu bakar lalu menjualnya. Lama-kelamaan hidupnyapun berkecukupan. Pesan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yang didengarnya adalah, "Barangsiapa meminta pertolongan kepadaku akan kuberi dia pertolongan. Dan barangsiapa mencukupkan diri maka Allah akan mencukupkan nya."

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... Insyaalllah

πŸ“Editor: Ustadzah Ratna

🌷MATERI 515

🌳πŸ₯🌳πŸ₯🌳πŸ₯🌳πŸ₯🌳